Rabu, 10 Juli 2024

Persiapan Pelaksanaan KKN Kebangsaan 2024: Visitasi dan Sambutan Hangat di Kabupaten Seram Bagian Barat


Redelong (Humas) - Sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang akan berlangsung dari 22 Juli hingga 22 Agustus 2024 mendatang, beberapa perguruan tinggi di Indonesia mengutus tim perwakilannya untuk melakukan visitasi ke lokasi pelaksanaan.

Tim visitasi yang terdiri dari 7 Rektor, 27 Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), dan 44 Pengelola KKN tiba di Piru pada Kamis, 26 Juni 2024. Mereka disambut dan dijamu makan malam dengan hangat di Cafe G’R Piru oleh Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Acara penyambutan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Leverne A. Tuasuun, yang mewakili Penjabat Bupati yang berhalangan hadir.

KKN Kebangsaan merupakan inisiatif Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dilaksanakan setiap tahun dengan salah satu perguruan tinggi sebagai tuan rumah. Untuk tahun ini, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menjadi tuan rumah dengan lokasi KKN di Kota Ambon, Kabupaten SBB, dan Kabupaten Maluku Tengah.

Di Kabupaten SBB, KKN akan dilaksanakan di empat kecamatan: Amalatu (Desa Tihulale, Rumahkay, Latu, Hualoy), Inamosol (Desa Ursana, Sukowati), Kairatu (Desa Seriawan, Kamariang), dan Taniwel (Desa Mornaten, Niwelehuw, Nuniali, Taniwel).

Sekda Leverne A. Tuasuun menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim visitasi dan memaparkan gambaran umum tentang profil Kabupaten SBB. Dia menyoroti potensi besar Sumber Daya Alam (SDA) di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata yang belum sepenuhnya terkelola optimal karena keterbatasan infrastruktur, sumber daya manusia, dan investasi.

Pj. Bupati melalui pesan yang disampaikan berharap agar kehadiran mahasiswa KKN dapat memberikan pencerahan, membangun kesadaran, dan meningkatkan kemandirian masyarakat di desa-desa tempat mereka ditempatkan, sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Sekda menutup paparannya dengan harapan bahwa melalui KKN Kebangsaan ini, kontribusi yang diberikan dapat memberikan manfaat signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat.

~ Diskominfo SBB ~

Informasi di web : https://mediacenter.sbbkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts di Mas KKN