Senin, 01 Juli 2024

Mahasiswa KKN USK Dibekali Gagasan untuk Kemajuan Gampong



Banda Aceh – Sebanyak 1.890 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala (USK) tahun 2024 dibekali berbagai gagasan untuk mendorong kemajuan di Gampong. Salah satu materi utama adalah peran mahasiswa dalam pembangunan desa, disampaikan oleh Edi Fadhil, SH, seorang sosok inspiratif dalam pemberdayaan masyarakat dan Gampong.

Edi Fadhil, yang dikenal luas karena berhasil menggerakkan pengguna media sosial untuk membangun 260 rumah dhuafa, hadir sebagai narasumber mewakili Kepala DPMG Aceh, Dr. T. Aznal Zahri, SSTP., M.Si. Dalam pemaparannya, Edi Fadhil membagikan berbagai gagasan yang dapat diadopsi oleh mahasiswa peserta KKN, mulai dari strategi penguatan BUMG, UMKM, SIGAP, hingga penanganan stunting, sesuai tema pelaksanaan KKN Reguler USK Periode XXV dan XXVI tahun ini.

Edi Fadhil, yang juga merupakan Pengurus Pemuda ICMI Aceh, menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun Gampong. “Membangun Gampong tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, kuncinya ada tiga: kolaborasi, kolaborasi, dan kolaborasi,” tegasnya, memotivasi mahasiswa untuk bekerja bersama.

Menurut Ketua P3KKN USK, Drs. Zulfitri, M.Biomed, kegiatan pembekalan ini juga diisi oleh narasumber internal dan eksternal. Narasumber utama termasuk Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, Satgas Penanganan Stunting BKKBN Aceh, Cut Famelia, Direktur Bank Sampah USK, Ir. RAMA Herawati, MP, dan Founder Spacetogrow Development Waste Reeducation/Reduction, Amber Desist, B.Sc.

Pembekalan yang digelar di AAC Dayyan Dawood ini dibuka langsung oleh Rektor USK, Prof Dr. Ir. Marwan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Senat USK, Prof. Dr. Ir. Abubakar, MS, Wakil Ketua LPPM USK, Dr. Dra. Sulastri, M.Si, Ketua P3KKN, Para Direktur Direktorat, Pimpinan Fakultas, Kepala UPT, Koordinator Lokasi (KOSI), dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Sumber Oleh: Safrina | Kamis, 27 Juni 2024 via : acehprov.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts di Mas KKN