Jumat, 05 Juli 2024

Mahasiswa KKN UNDIP 2023/2024 Laksanakan Masterplan Desa Industri Kreatif dan Pembaruan Website Desa Pogung



Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024 dari berbagai jurusan dan disiplin ilmu melaksanakan program KKN mulai 5 Januari hingga 10 Februari 2024. Para mahasiswa ini melaksanakan dua program kerja multidisiplin, yaitu pembuatan masterplan desa industri kreatif dan pembaruan website desa.

Program pembuatan masterplan desa industri kreatif dilatarbelakangi oleh potensi di Dukuh Niten, wilayah Desa Pogung yang menjadi pusat home industry. Banyak masyarakat di sana memiliki usaha mebel, kerajinan tenun, dan produksi makanan. Program ini dilakukan dengan metode penyusunan masterplan bersama perangkat desa dan pelaku home industry, menargetkan masyarakat pelaku home industry di Dukuh Niten.

Pelaksanaan program kerja ini dimulai dengan pemetaan lokasi home industry di Dukuh Niten. Setelah itu, sosialisasi mengenai K3 dalam proses produksi, pertolongan pertama dan perawatan luka, penanganan limbah, prinsip 5S, dan strategi pengembangan usaha dengan metode door to door dilakukan. Selanjutnya, pembuatan video promosi untuk meningkatkan branding usaha dilakukan, dan akhirnya masterplan desa industri disusun berdasarkan pemetaan lokasi home industry.

Program kerja kedua tentang pembaruan website desa dilakukan karena website Desa Pogung sebagai layanan informasi publik masih belum lengkap. Program ini dilaksanakan dengan metode edukasi cara melengkapi informasi di website, yang ditargetkan kepada perangkat desa Pogung.

Pelaksanaan pembaruan website desa mencakup melengkapi dan memperbarui peta administrasi, sistem kependudukan, informasi layanan kesehatan, informasi usaha produk dan jasa, dan informasi fisik alam, serta menambahkan informasi mengenai ilmu jurnalistik. Kemudian, sosialisasi kepada perangkat desa mengenai pembaruan konten website dan fotografi, serta pemaparan tentang website desa yang telah dilengkapi dan diperbarui dilakukan.

Dengan kedua program kerja ini, diharapkan potensi desa dapat berkembang dan kualitas layanan desa dalam sistem terintegrasi website meningkat. Program-program ini diharapkan mampu mendorong kemajuan desa dalam berbagai aspek, mulai dari pemanfaatan sumber daya lokal hingga kemudahan akses masyarakat luas terhadap informasi dan layanan yang disediakan oleh pemerintah desa.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts di Mas KKN