Kamis, 04 Juli 2024

Mahasiswa KKN UAD Sosialisasikan Pembuatan Biopori di Kricak, Yogyakarta



Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Periode 91 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit II.A.1 melaksanakan sosialisasi pembuatan biopori sebagai aksi peduli lingkungan. Acara berlangsung pada 20–21 Juni 2024 di RW 2, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta, dengan tujuan mengurangi volume limbah organik dan memanfaatkannya kembali. Sebelum sosialisasi, mahasiswa KKN UAD Unit II.A.1 mendapatkan perizinan dari ketua RW setempat untuk pembuatan biopori.

Acara diawali dengan pembukaan, sambutan, pemaparan materi, tanya jawab, dan praktik pembuatan biopori. Sugiarto dari Forum Bank Sampah menyampaikan materi tentang cara pembuatan biopori. Alat yang digunakan antara lain bor biopori, bor tanah, dan linggis, sedangkan bahannya berupa pipa, paving block, dan sisa sampah organik.

Beberapa tahapan pembuatan biopori dijelaskan sebagai berikut:

  1. Menentukan lokasi tanah yang akan dijadikan lubang biopori.
  2. Menyiram tanah agar menjadi lunak dan mudah dilubangi.
  3. Melubangi tanah dengan bor biopori atau bor tanah secara tegak lurus.
  4. Membuat lubang sedalam sekitar 1 meter dengan diameter 10 hingga 30 cm.
  5. Melapisi lubang dengan pipa seukuran lubang yang sudah disiapkan.
  6. Mengisi lubang dengan sampah organik dan menutupnya dengan paving block.

Sosialisasi ini sangat diapresiasi oleh warga setempat yang antusias ingin dibuatkan biopori di sekitar rumah mereka. "Biopori sangat bermanfaat bagi kami karena dapat digunakan untuk mengolah sampah dan limbah seperti sayuran atau sisa makanan menjadi kompos. Selain itu, juga dapat mengurangi polusi sampah yang marak di Kota Yogyakarta," ujar salah satu warga RW 2, Kricak, Tegalrejo. (Dilla)


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts di Mas KKN